Harta Terindah


Wanita adalah mahluk terindah
wanita adalah perhiasan dunia
wanita di Anugrahi dengan kelembutan dan kasih sayang
wanita mahluk yang tegar dan kuat
karna wanita kita terlahir ke dunia
membuka mata menatap keindahan dunia ini
dengan kelembutan dan kasih sayangnya kita dibesarkan
wanita wajib kita hormati, sayangi dan membuatnya bahagia
janganlah kita menyakakiti apalagi melukai hatinya
karna akan menyebabkan hidupmu tak lagi indah
karena kilauan cahayanya tak lagi bersinar
maha sempurna Allah SWT. telah menciptakan segalanya.

created by iyan klu ada kesalahan atau kesamaan mohon maaf.

Salah Ambil Motor

Gue mau curhat nie, mau dengerin curhatan gue gax ? kalo mau baca aja sampe abiss. Ini adalah kejadian paling bodoh dan memalukan yang pernah aku alami. Sebenarnya gue udah pernah ngalamin banyak kejadian bodoh n memalukan. Jadi ini bukan kejadian yang pertama dalam hidup aku. Dulu banget, waktu aku masih kecil. ketika gue masih duduk di bangku TK. Aku pernah melakukan suatu hal yang paling bodoh n memalukan. Bukan gue aja yang malu. Tapi keluarga gue juga ikutan nanggung malu karna perbuatan aku tersebut. Namanya juga anak kecil, setiap perbuatannya gax dilandasi dengan pikiran panjang, gax dirancanain sematang mungkin, n tanpa memikirkan sebab-akibat dari perbuatannya.

Tapi sekarang bukan kejadian itu yang mau gue curhatin, ngingat kejadiannya aja gue dah males. Apalagi ceritain ke orang banyak. Setiap kali gue ngingat kejadian tersebut, gue berpikir bahwa gue nie orang paling bodoh di dunia. Rupanya gue gax sendirian, ternyata diluar sana banyak juga yang bernasib sama seperti gue. Semangat hidup gue kembali muncul setelah sekian lama hilang akibat perbuatan bodoh itu.

Oke. Ceritanya ginie. hari senin tanggal 1 july 2008. Gue pergi dari rumah menuju toko tempat gue berkerja. Setibanya di sana ternyata tempat gue berkerja sudah tutup. So, gue balik lagi ke rumah. Gue gax langsung pulang ke rumah. Gue mutar-mutar sambil melihat pemandangan kota Banda Aceh, saat itu di Banda Aceh lagi ada event MAN VII. Jadi semua orang berhamburan di jalan untuk menyaksikan event tersebut. Suasana kota Banda Aceh bak kota metropolitan, beberapa ruas jalan mengalami kemacetan yang cukup panjang. Apalagi di daerah Masjid Raya Baiturrahman. tempan event MAN VII digelar.

Trus gue beli nasi uduk di daerah simpang surabaya. Di tempat inilah kejadian memalukan itu terjadi. Oke. gax pake lama. To The Point aja. Sehabis beli nasi gue langsung menuju ke tempat parkir. Pada saat itu posisi kepala gue nunduk, memandang kantong untuk mengambil kunci motor sambil terus berjalan. waktu posisi kepala gue menghadap ke depan langsung kelihatan sebuah motor Yamaha V-Ixon. Tanpa pikir panjang gue hampiri tu motor trus gue naiki. Layaknya motor sendiri. waktu itu gue gax merasa ada yang aneh. biasa aja, gue mundurin tu motor n bayar uang parkir. Disinilah gue merasa sesuatu yang aneh terjadi. Tapi gue gax tau itu apa. gue masukin kunci motor untuk ngebuka kuncian setang. Tapi kuncinya gax mau mutar. Udah gue coba berkali-kali tapi gax mau mutar juga. Trus gue cek kondisi kunci, mungkin ada yang cacat. ternyata semuanya normal tanpa ada yang rusak sedikitpun.

Gax lama kemudian ada ada seseorang yang menghampiri gue. trus dia bilang, Bang ! Keretanya salah (kereta = Motor). Mungkin yang disana. sembil menunjukkan lokasi kereta gue. Haa...Haa...Haaa...!!!

Gue baru sadar ternyata gue salah ambil motor. Emang motor gue n motor orang tadi sama persis. Merek Yamaha V-Ixion. Motor gue warna abu-abu, tapi gue gax tau warna motor dia apa. Antara Abu-abu n warna hitam. karena kejadiannya malam hari jadi kelihatannya sama aja. gax ada yang beda. Gue minta maaf sama yang punya motor karna dah salah ambil motor. n penjaga parkir cengar-cengir aja mengetahui gue salah. Haa...Haa...Haaa.....!!! Sumpah ! Gue malu banget.

Karna itu gue curhat, supaya suasana hati lebih adem n tenang. n kalo suatu saat gue ngingat kembali kejadian itu, gue gax merasa malu sama diri gue sendiri, n gax menjadikan kejadian itu sebagai sesuatu yang manakutkan untuk di kenang.

***

Pesan gue, anda semua, darimanapun anda, siapapun anda, mau muda atau udah tua. Belajarlah dari pengalaman gue. Mengapa ? Karna ada satu kata bijak yang bunyinya gini " Belajarlah Dari Pengalaman Orang Lain, Anda Tidak Akan Hidup Cukup Lama Untuk Mendapatkan Pengalaman Tersebut Di Dalam Hidup Anda ". Mungkin ada gax tau mau belajar apa dari pengalaman gue ini. Jadi inilah pesan dari curhat gue, kalo kamu pengen mangambil sesuatu yang emang milik kamu, lihat dulu apakah barang tersebut memang benar milik kamu atau milik orang lain. Jangan sampai salah ambil seperti saya ini, yang ada hanya malu. Kalau anda tidak malu berarti anda tidak memiliki kemaluan. Hahahahahahah. :-P

***

Lowongan Kerja PLN Aceh dan Sumatera Utara

PT. PLN (Persero)

KESEMPATAN KERJA
Mari bergabung, berkembang dan miniti karir bersama PT. PLN (Persero) dengan mengisi posisi sebagai OPHAR PEMBANGKIT, OPHAR TRANSMISI, OPHAR DISTRIBUSI DAN Non teknik di lingkungan Wilayah Sumatera Utara, Wilayah Nangroe Aceh Darussalam, Pembangkitan Sumatera Bagian Utara, Pembangkitan Sumatera l, Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera, Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Sumatera Utara, Aceh dan Riau

Lamaran ditujukan kepada :

PANITIA REKRUTMEN
PT. PLN (Persero)
REGIONAL SUMATERA BAGIAN UTARA
PO BOX 2000 MEDAN
(Pelaksanaan Test di Medan)
ATAU
PANITIA REKRUTMEN
PT PLN (Persero)
REGIONAL SUMATERA BAGIAN UTARA
PO BOX 39 BANDA ACEH
(Pelaksanaan Test di Aceh)

PERSYARATAN UMUM :

1. Kelahiran Tahun 1987 dan setelahnya
2. Tahun kelulusan SLTA/SMK tahun 2007 dan setelahnya
3. Tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm
4. Tidak menderita Epilepsi
5. Tidak ditindik/bekas tindik telinganya (kecuali wanita) atau anggota tubuh lainnya
6. Tidak bertato
7. Berat badan proporsional
8. Sehat rohani dan jasmani, tidak buta warna
9. Tidak pernah menggunakan narkoba/NAPZA
10. Bersedia mengikuti pendidikan ikatan dinas selama 1 (satu) tahun
11. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan dan masa on the Job Training (OJT)

PERSYARATAN KHUSUS :

1. TEKNIK
1. Jenis Kelamin Laki-laki
2. Apabila berkacamata/soft lens maksimal minus 2 dan tidak silindris
3. Pendidikan SLTA jurusan IPA dengan nilai UAN rata-rata 6
4. Pendidikan SMK jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro/listrik Arus Kuat dan Teknik Sipil (Bangunan) dengan nilai UAN rata-rata 6

1. NON-TEKNIK
1. Jenis Kelamin Laki-laki/Perempuan
2. Pendidikan SLTA jurusan IPA/IPS dengan nilai UAN rata-rata 6
3. Pendidikan SMK jurusan Administrasi, Sekretaris, Akuntansi dan Manajemen Sistem Informasi dengan nilai UAN rata-rata 6
4. Dapat mengoperasikan Program computer (Microsoft Office) dan akan dilakukan tes untuk membuktikan

Surat Lamaran dilampiri :

1. Fotocopy ijazah/Sertifikat/ Surat Keterangan Lulus dari SLTA/SMK dan Transkrip Nilai yang dilegalisir.
2. Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir dan KTP yang masih berlaku/ surat keterangan domisili dari kelurahan.
3. Curriculum Vitae/ Daftar Riwayat Hidup yang ditandatangani
4. Pas foto berwarna terbaru ukkuran 4×6 sebanyak 3 lembar
5. Surat Keterangan Berbadan Sehat, Tinggi dan Berat Badan serta Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Umum
6. Surat pernyataan diri diatas materai Rp. 6000,-
1. Bahwa tidak pernah terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba dan Zat Adiktif lainnya.
2. Tentang kesanggupan mengikuti pendidikan ikatan dinas selama 1 (satu) tahun dan tidak menikah dalam masa pendidikan dan On the Job Training (OJT)
3. Tidak akan menuntut pengakuan atas ijazah yang lebih tinggi dari Diploma 1 (D1) yang dimilikinya, serta bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah kerja PT PLN (Persero)
4. Menyatakan tidak sedang dalam ikatan dinas dan atau beasiswa dari instansi lain.

1. Alamat pelamar lengkap dengan kode pos untuk panggilan test disertai nomor telepon/HP.
2. Tulisan Kode jurusan dipojok kanan amplop lamaran. T untuk Teknik dan NT untuk Non Teknik

Lain-lain :

1. Tidak diadakan korespondensi dan hanya surat lamaran melalui PO BOX yang akan diproses
2. Pelamar tidak dipungut biaya apapun
3. Pelamar yang dinyatakan lulus pada seluruh tahapan seleksi akan dipanggil mengikuti Program Beasiswa Pendidikan Setara Diploma 1 (D1)
4. Pelamar yang dapat menyelesaikan Program Beasiswa Pendidikan Setara Diploma 1 (D1) pada butir 3 dan kemudia lulus program training pegawai (OJT) akan diangkat menjadi pegawai dan ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT PLN (Persero).
5. Surat lamaran yang pernah dikirim pada panitia sebelum diterbitkannya pengumuman ini dinyatakan tidak berlaku
6. Apabila dikemudian hari DATA berkas surat lamaran ternyata tidak benar maka peserta dinyatakan GUGUR
7. Berkas lamaran yang sudah masuk ke Panitia Penerimaan menjadi hak milik panitia sehingga tidak bisa diambil kembali
8. Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat

LAMARAN DITERIMA PALING LAMBAT
TANGGAL 15 JULI 2009 (STEMPEL POS)
Informasi selengkapnya kunjungi website :
http://www.plnsumut.co.id
atau
http://www.plnaceh.co.id

Delapan Kado Terindah

Aneka kado ini tidak dijual di toko. Kita bisa menghadiahkannya setiap saat, dan tak perlu membeli ! Meski begitu, delapan macam kado ini adalah hadiah terindah dan tak ternilai bagi orang-orang yang Kita sayangi.

KEHADIRAN

Kehadiran orang yang dikasihi rasanya adalah kado yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir dihadapannya lewat
surat,telepon,foto atau faks. Namun dengan berada disampingnya. Kamu dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian , dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas kehadiran juga penting. Jadikan kehadiran kamu sebagai pembawa kebahagian.

NB.: pantes ya.. setiap kali hari raya keagamaan, orang selalu berbondong-bondong mudik...

MENDENGAR

Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini, sebab, kebanyakan orang lebih suka didengarkan, ketimbang mendengarkan. Sudah lama diketahui bahwa keharmonisan hubungan antar manusia amat ditentukan oleh kesediaan saling mendengarkan.
Berikan kado ini untuknya. Dengan mencurahkan perhatian pada segala ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan kamu dalam keadaan betul-betul rileks dan bisa menangkap utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya, tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskannya. Ini memudahkan kamu untuk memberi tanggapan yang tepat setelah itu, tidak harus berupa diskusi atau penilaian. Sekedar ucapan terima kasihpun akan terdengar manis baginya.

D I A M

Seperti kata-kata, didalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir, atau membingungkan orang, tapi lebih dari segalanya. Diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya " ruang". Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasihati, mengatur, mengkritik bahkan mengomeli.

KEBEBASAN

Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya ? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah, "Kau bebas berbuat semaumu." Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan
penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.


KEINDAHAN

Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik ? (eh..) Tampil indah dan rupawan juga merupakan kado ho. Bahkan tak salah jika kamu mengkadokannya tiap hari ! Selain keindahan penampilan pribadi,

TANGGAPAN POSITIF

Tanpa, sadar, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi, seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Kali ini, coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat, berapa kali dalam seminggu terakhir kamu mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi kamu. Ingat-ingat pula, pernahkah kamu memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian ( dan juga permintaan maaf ), adalah kado cinta yang sering terlupakan.

KESEDIAAN MENGALAH

Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai menjadi cekcok yang hebat. Semestinya kamu pertimbangkan, apa iya sebuah hubungan cinta dikorbankan jadi berantakan hanya gara-gara persoalanitu? bila kamu memikirkan hal ini, berarti kamu siap memberikan kado " kesediaan mengalah". Okelah, kamu mungkin kesal atau marah karena dia telat datang memenuhi janji. Tapi kalau kejadiannya baru sekali itu, kenapa mesti jadi pemicu pertengkaran yang berlarut-larut ? Kesediaan untuk mengalah sudah dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini.

SENYUMAN

Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputus asaan. pencerah suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali kamu menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi.

Datanglah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, karena sebuah senyuman dapat membuat hari yang gelap menjadi cerah. Berharaplah kamu dapat menemukan seseorang yang dapat membuatmu tersenyum.

Ada saat dalam kehidupanmu dimana kamu sangat merindukan seseorang. Kamu ingin mengambil mereka dari mimpimu dan benar-benar memeluk dia. Berharaplah kamu mimpikan, pergilah kemana kamu ingin pergi, jadilah sesuai dengan keinginanmu, karena kamu hidup hanya sekali dan satu kesempatan untuk melakukan apa yang kamu inginkan.

Semoga kamu mendapat cukup kebahagiaan untuk membuat kamu bahagia. Cukup cobaan untuk membuat kamu kuat, cukup penderitaan untuk membuat kamu manusia yang sesungguhnya dan cukup harapan untuk membuat kamu bahagia. Selalu letakkan dirimu pada posisi yang lain jika kamu merasa bahwa itu menyakitkan kamu, mungkin itu menyakitkan orang itu juga. Kata-kata yang ceroboh dapat mengakibatkan perselisihan, kata-kata yang kasar bisa membuat celaka, kata-kata tepat waktu dapat mengurangi ketegangan.

Kata-kata cinta dapat menyembuhkan dan menyenangkan. Permulaan cinta adalah dengan membiarkan orang yang kita cintai menjadi dirinya sendiri dan tidak membentuk mereka menjadi sesuai keinginan kita. Dengan kata lain, kita mencintai bayangan kita yang ada pada diri mereka.

(anonym)

MENJADI KAYA ***

Menjadi kaya adalah impian kebanyakan orang dan sah-sah saja. Yang harus diperhatikan adalah :
(1) Menjadi kaya, bukanlah tujuan utama di dalam hidup ini;
(2) Ingin cepat kaya seringkali menjebak orang-orang ke dalam perbuatan yang berdosa;
(3) Menikmati hidup lebih penting dari menjadi kaya tetapi mempunyai banyak masalah.
(4) selalu ingat masalah tidak perlu dicari,Ia akan mencari kita,semua orang memiliki masalah.berdoalah ketika engkau menghadapinya.
(5) Muliakanlah Tuhan untuk semua hal yang kita kerjakan.
(6) Berpikirlah positif, misalkan jangan berkata aku miskin,melainkan katakan aku jauh dari kaya.
(7) Bagaimana menjalani hidup yang berarti itu? renungkan itu
(8)Hendaknya kita ingat bahwa seringkali Tuhan mengajar manusia dengan perkara-perkara kecil terlebih dahulu sebelum mempercayakan perkara besar, dan lagipula tidak ada sesuatu di dunia yang perfect yang memenuhi semua idealisme kita. Berpikirlah sederhana!!
(9)Mulailah dari diri sendiri dulu,sebelum engkau mau mengajarkan kepada orang lain.
(10)Harta karun yang hakiki tidak terletak pada apa yang bisa terlihat, namun pada apa yang tidak dapat terlihat. Cinta yang sejati tidak terletak pada apa yang telah dikerjakan dan diketahui, namun pada apa yang telah dikerjakan namun tidak diketahui.


selamat bertrading dengan hati yang bersyukur,

Mengatasi Kesulitan Bergaul

Banyak sahabat mengatakan Dari sekian masalah yang harus kita hadapi dalam hidup ini, kesulitan dalam bergaul adalah salah satunya. Bagi yang kebetulan sedang menghadapi masalah ini, mungkin ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi masalah ini:

1. pergaulan itu erat kaitannya dengan kemampuan. Kemampuan di sini artinya bukan hasil bawaan dari lahir tetapi merupakan kapabilitas yang diraih dari usaha dalam mengembangkan diri (developmental process). Jadi, apapun kepribadian anda, pada dasarnya anda punya kesempatan yang sama untuk bergaul seperti juga orang lain yang punya model kepribadian lain

Sah-sah saja kita menyimpulkan, misalnya saja: saya orangnya termasuk Melankolis yang introvert, pemikir dan pesimis. Dia kan orangnya termasuk Sanguinis yang ekstrovert, suka ngomong dan optimis. Saya orangnya termasuk Phlegmatis yang introvert, pengamat dan pesimis. Dia kan orangnya termasuk Koleris yang ekstrovert pelaku dan optimis. Dan bla, bla, bla lainnya.

Tetapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa dunia ini tidak peduli dengan apakah kita termasuk orang berkepribadian ini dan itu. Dunia ini hanya tahu satu hal, kalau kita mengalami kesusahan bergaul, hidup kita juga mengalami kesusahan yang tidak kita inginkan. Titik. Ini adalah sebuah dalil mengapa kita perlu mengembangkan potensi yang mendukung perbaikan kemampuan kita dalam bergaul, terlepas apapun model kepribadian kita.

Sejumlah istilah ilmiah yang bisa kita temukan dalam buku-buku kepribadian itu mestinya kita gunakan untuk melihat sisi plus-minus agar kita bisa mengembangkan diri sejati kita (bukan jadi seperti orang lain). Sebab, apapun model kepribadian kita pasti ada sisi plus yang perlu kita kembangkan untuk memperbaiki hidup dan pasti pula ada sisi minus yang perlu kita kontrol agar tidak sampai merugikan atau membahayakan.

2. Pergaulan itu tidak identik dengan banyak ngomong atau sedikit ngomong, tidak identik dengan apakah anda seorang pendiam atau tidak pendiam. Prinsip yang berlaku dalam pergaulan adalah bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain (to build) dan bagaimana kita menjaga hubungan itu (to maintain). Karenanya, jangan heran bila menjumpai ada orang yang banyak ngomong tetapi pergaulannya sempit dan jangan heran pula bila melihat ada orang yang sedikit ngomong tetapi pergaulannya luas.

Sekali lagi perlu kita yakinkan pada diri sendiri bahwa bergaul adalah bagian penting dari ketrampilan hidup. Kita semua sudah tahu bahwa di dunia ini pasti tidak ada buku atau perpustakaan yang bisa mengungkap manfaat pergaulan karena saking banyaknya manfaat itu.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kesulitan bergaul ini, antara lain:

1. Melatih kepedulian

Kepedulian itu bentuknya bermacam-macam dari mulai yang paling ringan bisa kita lakukan sampai ke yang paling berat. Ini misalnya adalah showing interest (menunjukkan ketertarikan) pada kehidupan orang lain, bisa diajak berbicara tentang apa yang penting menurut orang lain, memberikan alasan pada orang lain bahwa Anda tidak berada di pulau yang berbeda dengan mereka, dan seterusnya. Di sini berarti Anda perlu meningkatkan wawasan yang terkait dengan beberapa topik utama di lingkungan Anda.

Meskipun showing interest itu gratis tetapi kalau untuk kepentingan mengatasi masalah kesulitan bergaul, biasanya berperan sangat penting. Untuk selanjutnya, bentuk kepedulian ini bisa Anda tingkatkan, misalnya melibatkan diri pada aktivitas bersama dengan orang lain, memainkan peranan yang bermanfaat bagi orang lain, memberi bantuan pada orang lain yang membutuhkan anda, dan seterusnya. Intinya, jangan sampai kita menyalahkan model kepribadian yang kita miliki seiring dengan serangkaian kesulitan bergaul yang kita alami sementara kita sendiri jarang menunjukkan ketertarikan pada topik atau hal yang
menarik buat orang lain. Kita merasa hidup di pulau yang jauh dengan orang lain.

2. Fokuskan pada pengembangan dialog dan suasana

Seperti yang sudah kita bahas di muka, terlalu memikirkan diri sendiri dan terlalu membuat penilaian atas orang lain pada saat pembicaraan berlangsung, ini bisa mengganggu suasana. Karena itu, fokuskan pada suasana, topik pembicaraan, dan kehangatan dialog. Bagaimana caranya ?
Di antaranya adalah:

a) mengajukan pertanyaan yang bisa kita pelajari dengan menggunakan kaidah 5W1H (what, where, who, why, when, dan how),

b) mendengarkan dan mengungkapkan,

c) memunculkan humor atau guyonan yang mendukung dan sesuai kebutuhan.

3. Menghormati "privay" orang lain

Ada beberapa hal tentang orang lain yang membuatnya akan lebih suka kalau kita ketahui, tetapi juga ada beberapa hal tentang orang lain yang akan membuatnya tidak nyaman kalau kita ketahui. Hal-hal tentang orang lain yang membuatnya tidak nyaman kalau kita ketahui inilah yang saya maksudkan dengan privacy. Biasanya yang kedua ini adalah masalah-masalah yang sangat pribadi.

Setiap orang itu biasanya memiliki tiga wilayah kehidupan. Pertama adalah wilayah publik (diketahui secara umum, misalnya tinggal dimana, sekolah di mana, dst), kedua, wilayah privat (diketahui hanya oleh orang yang dekat, pacarnya siapa, musuhnya siapa, dst), dan ketiga adalah wilayah pribadi (tidak ingin diketahui oleh siapapun kecuali dirinya atau suami-istrinya).

Untuk kepentingan kelancaran bergaul, akan lebih OK kalau kita memfokuskan diri untuk mengetahui hal-hal yang memang orang lain merasa nyaman untuk diketahui (wilayah publik) dan melupakan apa saja yang membuat orang lain merasa tidak nyaman bila diketahui (wilayah pribadi)

4. Lihat orang lain yang lebih berhasil

Pergaulan itu erat kaitannya dengan seni (the art) atau permainan, (playing the game) tentang bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain. Karena seni, maka gayanya berbeda-beda dan ini tidak terkait dengan apakah anda orang yang tipenya banyak ngomong atau sedikit ngomong. Dan, dalam seni permainan, biasanya ada dua hal yang mendasar, yaitu:

a) bagaimana anda mengontrol emosi,

b) bagaimana anda mengimbangi emosi orang lain.

Dua hal ini memang agak sulit kalau dijelaskan dengan kata-kata. Akan lebih cepat bisa anda pahami dengan melihat bagaimana orang lain yang secara prestasi di atas Anda menjaga hubungan. Mereka yang telah berhasil menjaga hubungan sampai bertahun-tahun, umumnya sudah memiliki kematangan emosi yang lebih bagus. Ini bukan berarti mereka tidak pernah konflik, gap, berbeda pendapat dan lain-lain, tetapi karena mereka sudah tahu bagaimana bermain-main dengan emosi. Karena itu, ada hal-hal yang ditanggapi dengan diam, dengan bicara, dengan ketawa, dengan biasa-biasa, dengan humor, dan lain-lain.

Kalau Anda kesulitan mencari contoh, lihatlah bagaimana orang tua kita yang telah bertahun-tahun mempertahankan hubungan dalam membina keluarga. Secara umum bisa kita lihat bahwa kecanggihannya dalam memainkan emosi terletak pada kemampuannya untuk tidak "meng-ekstrim-kan" sesuatu yang berpotensi akan mengacaukan keadaan atau hubungan. Untuk mencapai kemampuan ini memang perlu latihan dan ini tidak terkait langsung dengan umur tetapi terkait dengan pengalaman hidup (life experiencing).

5. Tingkatkan prestasi Anda

Ini adalah kunci untuk mengatasi masalah-masalah kejiwaan umum itu. Semakin banyak hal-hal positif yang bisa Anda realisasikan dari diri Anda, maka semakin baguslah Anda merasakan diri anda. Bagaimana kita merasakan diri kita akan terkait dengan bagaimana kita berhadapan dengan orang lain. Karena itu, menurut teori kesehatan mental, orang yang sedang depresi (punya perasaan negatif terhadap diri sendiri, orang lain, keadaan atau Tuhan) tidak bisa membangun hubungan dengan orang lain secara positif dan konstruktif.

(Thomas)

Asal Muasal Nanggroe Aceh

Akhirnya aku bisa mulai posting lagi di blog, setelah sekian lama vakum dari dunia tulis-menulis karna mau lebih fokus ke UAN. Yaa ! aku masih duduk di sebuah sekolah menengah di kota Banda Aceh. Tepatnya SMUN 12. Sekian dulu basa-basinya ! karna gax ada hubungannya dengan judul postingan aku kali ini. Happy Reading ! :-D

***

Sebagai orang Aceh, kita harus mengetahui dari mana asal-muasal bangsa aceh. Mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak menyukai saya karna menggunakan kata Bangsa Aceh. Saya berani mengatakan seperti itu karna Aceh sudah duluan merdeka daripada negara Indonesia merdeka. bukannya saya tidak cinta air, terserah pada anda bagaimana anda menilai saya.

Pane Asai Geutanyoe Bangsa Aceh ? ( Darimana Asal Bangsa Aceh Kita ).

ESPN

About this blog